Tiga Cara Mendeteksi Penyakit Gagal Ginjal



Pemakanan Diet Sihat Yang Betul - Penyakit gagal ginjal adalah salah satu penyakit yang harus diwaspadai. Karena penyakit ini bisa membunuh anda kapan saja secara perlahan. Karena apa? Mau tahu alasannya? Ada banyak orang yang tidak menyadari terkena penyakit yang satu ini, karena memang sering kali tidak disadari dan tidak dirasakan oleh penderitanya sehingga sulit untuk mendeteksinya hingga pada akhirnya penyakit ini sudah semakin parah. Karena memang begitu gelajanya dirasakan, biasanya itu artinya penyakit tersebut sudah parah. Maka dari itulah penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara mendeteksi penyakit ginjal, sehingga anda bisa segera mengatasi permasalahan tersebut bila anda sudah tahu gejalanya dari awal.

cara mendeteksi penyakit ginjal
cara mendeteksi penyakit ginjal

Yang jadi pertanyaan adalah, bagaimanakah cara untuk mendeteksinya? Berikut ini adalah bagaimana cara mendeteksi penyakit ginjal melalui tiga cara, antara lain:

Tiga Cara Mendeteksi Penyakit Gagal Ginjal

Tes tekanan darah
Cara ini bisa digunakan untuk melihat apakah anda terkena gagal ginjal atau tidak, karena disinilah nanti akan diketahui berapa jumlah tinggi rendah dari tekanan darah anda tersebut. Karena pada umumnya tekanan darah tinggi dapat terjadi karena disebabkan oleh adanya penyakit gagal ginjal. Maka dari itulah bila tekanan darah anda adalah lebih dari  140/90 mmHg, maka berhati – hatilah! Karena anda bisa saja memasuki hipertensi dan akan lebih mudah terkena penyakit gagal ginjal.

Tes urine
Selain dengan melakukan tes tekanan darah, salah satu cara mendeteksi penyakit ginjal lainnya adalah coba lakukan tes urine di lab. Dengan cara inilah anda akan tahu berapakah jumlah dari Albumin Kreatini Ratio. Dimana angka atau jumlah dari Albumin Kreatini Ratio tersebut nantinya akan bisa digunakan untuk melihat apakah sudah terjadi kebocoran albumin. Sehingga anda bisa tahu apakah ginjal anda sedang mengalami masalah kerusakan atau tidak.
Biasanya pemeriksaan untuk tes urine ini bisa dilakukan melalui pemeriksaan visual dengan warna. Dengan cara inilah kita akan tahu bagaimana dengan kondisi kesehatan dari ginjal kita didasarkan pada warna urine yang dikeluarkan tersebut. Bila urin yang dikeluarkan sangat keruh, ini tandanya bahwa ginjal anda sedang bermasalah.

eGFR
Cara ini bisa pula digunakan untuk mendeteksi penyakit ginjal dilihat dari hasil serum atau hasl darah dari tes kreatnin. Dari sinilah anda akan tahu apakah ginjal anda masih berfungsi atau tidak untuk menghilangkan atau membuang limbah dari darah. dari sinilah bila nanti dalam tes ini menunjukkan hasil angka sebanyak 60 mL/men/1.73 m2 atau bahkan lebih, itu artinya gagal anda masih berjalan normal. Namun bila dibawah tersebut, maka harus berhati – hati.

Sekian tiga cara mendeteksi penyakit ginjal yang bisa anda gunakan untuk mengetahui apakah anda terkena gagal ginjal atau tidak. Maka dari itulah bila anda merasa ada hal yang tidak normal terhadap ginjal yang anda miliki, segera konsultasikan pada dokter untuk segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.
Previous Post
Next Post

About Author

0 comments: